Sudah 350 Motif Batik Yogya yang Dipatenkan


Sudah 350 Motif Batik Yogya yang Dipatenkan

 

 

YOGYAKARTA — Hingga saat ini sedikitnya ada 350 motif batik Yogykarta yang telah memperoleh hak paten dari Kementrian Hukum dan HAM. Selebihnya motif batik Yogyakarta belum memperoleh hak paten secara resmi. Padahal motif batik di Yogyakarta mencapai 500 motif lebih. Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Yogyakarta Hj Dyah Suminar mengatakan, sejak ditetapkannya batik oleh UNESCO sebagai warisan dunia, maka batik semakin dikenal luas di kalangan internasional.

 Karenanya menurut dia, edukasi terhadap masyarakat tentang batik itu sendiri sangat penting. “Kita sendiri sering menghimbau masyarakat untuk lebih mencitai batik kita, dan pada para pengrajin kita jembatani untuk kepengurusan hak paten,” paparnya pada pembukaan pelatihan membatik pada masyarakat di Griya UKM Yogyakarta, .

 Saat ini kata dia, penguasaan pasar batik motif Yogyakarta khususnya di DIY baru mencapai 10-20 persen dibanding batik-batik dari daerah lain, seperti Pekalongan atau Solo. Padahal kata dia, kota Yogyakarta terkenal dengan keunggulan kain batiknya, dan banyak wisatawan yang datang langsung ke Yogyakarta untuk berburu batik.

 “Tetapi pada realitanya, batik motif Yogyakarta atau batik yang dibuat di Yogyakarta baru menguasai 10-20 persen pasar,” jelasnya. Kondisi itu kata dia, terlihat di beberapa pasar tradisional, khususnya Beringharjo yang justru lebih banyak dikuasi oleh batik produksi Pekalongan dibandingkan dengan batik motif Yogyakarta sendiri. Namun begitu kata dia, ketersediaan barang dan bahan batik bermotif Yogyakarta atau batik yang dibuat di Yogyakarta sendiri juga lebih sedikit dibandingkan motif batik daerah lain, sehingga hal itu juga mempengaruhi produksi busana motif batik Yogyakarta. “Jumlah pengusaha batik di Yogyakarta cukup banyak, namun produksinya belum mampu mencapai angka yang signifikan untuk lebih bisa menguasai pasar,” tandasnya.

Sumber:republika

Redaktur: Siwi Tri Puji B

Iklan

Tentang Qalesya Butik Batik (QBB)

kami adalah salah satu toko baju batik dengan koleksi batik modern dan motif terbaru. kami kedepankan kualitas produk kami sebelum memberikan harga yang lebih kompetitif untuk kepuasan anda. selain menerima pembelian ecer dengan harga yang kompetitif , kami juga melayani pembelian partai besar/grosir. model yang kami tawarkan kadang kami ulang lagi dengan motif batik yang berbeda. lokasi offline qalesya batik , dengan nama Grosir baju Qalesya. alamat: Jl.Kh.malawi, pasar jatibarang,jatibarang,brebes.52261. no tlp yang kami gunakan hanya : 0858-6682-1362 *** hati-hati penipuan atas nama qalesya batik*** *** qalesya batik hanya di nomor 0858-6682-1362*** produk dan harga dari kami sangat cocok untuk re-sell lagi atau pun untuk mengisi toko offline anda. ** Batik Qalesya , kualitas dan harga berani di adu*** Re-sell makin untung*** Happy shopping.
Pos ini dipublikasikan di TENTANG PENGETAHUAN BATIK dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Sudah 350 Motif Batik Yogya yang Dipatenkan

  1. tisna berkata:

    salam indonesia, banyak sekali potensi batik di indonesia yg belum terangkat ya…dan sangat memprihatinkankarena byk pula yg belum dipatenkan sehingga ada celah bagi pihak luar utk mencuri kekayaan motif batik kita.

    • salam sis tisna… di artikel ini hanya lah sebagian kecil dari semua kekayaan dari bangsa kita,semoga dengan memperhatikan yang di anggap kecil ini (lingkup dunia batik),kita ikut bersumbangsih dalam mengetahui,menjaga,melestarikan keaslian budaya bangsa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s