Pendaftaran Solo Batik Carnival 5 Dibuka


Pendaftaran Solo Batik Carnival 5 Dibuka

 

– Solo Batik Carnival kembali digelar tahun ini, tepatnya pada 30 Juni 2012. Koordinator Solo Batik Carnival Heru Prasetyo mengatakan tahun ini memasuki edisi ke-5.

“Pendaftaran peserta kami buka mulai 1 hingga 15 Februari 2012,” ujarnya kepada wartawan di sela sosialisasi Solo Batik Carnival di depan rumah dinas Wali Kota Surakarta, Minggu, 29 Januari 2012.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini lokasi pendaftaran di seluruh kelurahan dan kecamatan. Berarti ada 51 kelurahan dan lima kantor kecamatan yang melayani pendaftaran peserta. Tujuannya agar warga sekitar kelurahan dan kecamatan tertarik menjadi peserta. Sebelumnya, pendaftaran hanya dilakukan di sekretariat Solo Batik Carnival dan kantor Dinas Pariwisata, Seni, dan Kebudayaan Surakarta.

Pendaftaran peserta dibagi menjadi empat zona. Zona A adalah Kecamatan Jebres, Zona B yaitu Kecamatan Banjarsari, Zona C adalah Kecamatan Laweyan, Serengan, dan Pasar Kliwon. Kemudian Zona D khusus untuk peserta anak-anak, dengan usia minimal 7 tahun. Peserta tiap zona ditargetkan minimal 100 orang, kecuali Zona D hanya 80 orang.

Kemudian panitia mencoba mengedepankan bahan baku batik bekas untuk pembuatan kostum. Yaitu bagaimana memanfaatkan kain batik yang sudah rusak, seperti sobek atau berlubang, untuk menjadi bahan dasar kostum. “Kami ingin membuat kostum dengan harga yang lebih murah, sehingga diarahkan memakai bahan baku batik bekas,” katanya.

Hal ini sekaligus untuk menepis anggapan bahwa peserta Solo Batik Carnival harus mengeluarkan banyak biaya untuk pembuatan kostum. Sebab, dengan biaya seringan mungkin, bisa menghasilkan kostum yang tidak kalah menarik.

Proses pembuatan kostum akan dilakukan pada workshop yang diselenggarakan 19 Februari hingga 30 Mei 2012. Koordinator workshop, Avallokitha, menerangkan workshop akan digelar di kampung-kampung, tepatnya di balai kampung warga. “Sekali workshop diikuti 40-50 orang, sehingga bisa lebih intens,” ujarnya. Kemudian, yang sebelumnya hanya dilakukan seminggu sekali, kini menjadi sepekan tiga kali.

Dia memberi bocoran bahwa nantinya kostum yang akan digunakan peserta akan berbeda dari sebelumnya. “Kostum, make up, dan koreografer semuanya beda,” katanya. Namun dia belum mau mengatakan tema yang akan diangkat di Solo Batik Carnival ke-5. Tema baru akan disampaikan saat pelaksanaan workshop.

UKKY PRIMARTANTYO

sumber.tempo.com

Tentang Qalesya Butik Batik (QBB)

kami adalah salah satu toko baju batik online di Indonesia. kami menyediakan koleksi busana batik terbaru dengan motif dan model pilihan . Silahkan belanja baju batik di toko online kami.
Pos ini dipublikasikan di TENTANG PENGETAHUAN BATIK, Uncategorized dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s