perawatan batik


perawatan batik

10 Tips Merawat Batik Secara Optimal
Berikut 10 Tips merawat batik secara optimal menurut Edward Hutabarat, seorang desainer dan juga pemerhati budaya khususnya Batik yang menjelaskan bahwa Attack Batik Cleaner adalah solusi modern untuk membersihkan dan melembutkan kain batik dengan mempertahankan warna kain tetap menonjol…

Untuk pembaca yang gemar menggunakan pakaian batik sebagai busana kebanggaan, kini ada baiknya mengetahui bagaimana cara merawat batik secara optimal.

Dengan misi pelestarian batik “Cintaku Pada Batik Takkan Pernah Pudar” persembahan Attack Batik Cleaner dan Edward Hutabarat yang terus berlanjut, misi ini akan mengajak rileker semua menjadi lebih pintar dan cermat dalam mengeksplorasi budaya tanah air khususnya Batik.

Sejak pertama diluncurkan pada 1 Oktober 2010 lalu di Jakarta, “Cintaku Pada Batik Takkan Pernah Pudar” kini telah memulai penelusuran budaya batik pertamanya pada akhir Desember 2010 di Pekalongan, Jawa Tengah dan sekarang, Attack Batik Cleaner dan Edward Hutabarat berjalan menuju Madura untuk melihat, menelusuri dan mengeksplorasi keberadaan Batik Gentongan di Kecamatan Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan, dan Batik Kontemporer di Kabupaten Pamekasan, Madura.

Dengan serangkaian agenda yang cukup padat di kota Karapan Sapi tersebut, Edward Hutabarat yang telah menggeluti dunia busana selama 30 tahun mengungkapkan, “Perjalanan budaya yang membawa misi ‘Cintaku Pada Batik Takkan Pernah Pudar’ ini, adalah wujud keseriusan memperkenalkan pada masyarakat luas tentang begitu banyaknya cerita dan kandungan nilai-nilai luhur di balik lembaran kain batik. Oleh sebab itu, marilah mencintai batik secara utuh sebagai warisan budaya tinggi bangsa Indonesia”.

Berikut 10 Tips merawat batik secara optimal menurut Edward Hutabarat, seorang desainer dan juga pemerhati budaya khususnya Batik yang menjelaskan bahwa Attack Batik Cleaner adalah solusi modern untuk membersihkan dan melembutkan kain batik dengan mempertahankan warna kain tetap menonjol.

10 Tips merawat batik secara optimal:

1. Pisahkan batik dari pakaian lain. Batik baru biasanya mudah luntur, tergantung kualitas batik dan kain.
2. Untuk mencuci 1 potong pakaian batik, larutkan Attack Batik Cleaner sebanyak 1-2 sendok teh ke dalam air 2 liter. Takaran bisa ditambah sesuai kebutuhan.
3. Attack Batik Cleaner dapat juga dituangkan langsung ke kerah, lengan baju, atau bagian yang kotor.
4. Cuci dengan tangan, jangan memakai mesin cuci atau sikat.
5. Kucek dengan lembut.
6. Hindari memeras batik karena akan membuatnya kusut.
7. Bilas dengan air bersih.
8. Gantung dengan hanger yang tebal agar tidak menimbulkan bekas lipatan.
9. Hindari menjemur di bawah terik matahari.
10. Setrika batik dengan panas yang rendah, alasi dengan kain tipis.

sumber:www.rileks.com

Tentang Qalesya Butik Batik (QBB)

kami adalah salah satu toko baju batik online di Indonesia. kami menyediakan koleksi busana batik terbaru dengan motif dan model pilihan . Silahkan belanja baju batik di toko online kami.
Pos ini dipublikasikan di TIPS DAN TRIK dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s